Sekda Babel Terima Kunjungan Komisi Informasi Pusat

Air Itam, Pangkalpinang – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Yan Megawandi SH MSi menerima kunjungan Komisi Informasi (KI) Pusat di ruang kerjanya, di Pangkalpinang, Jum'at (09/09/2016).

Kedatangan dua komisioner KI masing-masing Henny S Widyaningsih dan Rumadi, menyusul keterlibatan mereka sebagai narasumber Diskusi UU KIP dan Media Gathering di Babel, 8-10 September 2016.

Dalam audiensi yang berlangsung singkat, Sekda Yan Megawandi menyambut baik kehadiran komisioner KI di Babel. Dan diharapkan dapat membantu meningkatkan pengelolaan informasi publik.

Sekda mengakui, pembenahan dalam pengelolaan informasi publik penting untuk segera dilakukan. Sebab itu ia meminta KI Pusat dapat memberikan masukan sekaligus contoh, terutama keberhasilan provinsi lain dalam melaksanakan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Paling tidak kami bisa diberikan contoh mana yang paling baik seluruh Indonesia, agar kami dapat melihat dan melaksanakan di Babel," kata Yan.

Kepada KI Daerah Babel, Sekda Yan Megawandi minta dapat memberikan informasi yang sesuai, valid dan bernilai sebagai informasi yang dibutuhkan publik.

Sementara Komisioner KI Pusat Henny S Widyaningsih memuji keberadaan KI Daerah Babel yang dinilainya memiliki fasilitas memadai. Dengan ketersediaan sarana yang dimiliki, ia optimistis para komisioner di daerah mampu memberdayakan lembaganya secara maksimal.

“Komisioner KI Babel sudah ada dan fasilitasnya sudah bagus,” puji Henny.

Kepada bppkbpa.babelprov.go.id, Henny mengatakan sejak tiga tahun lalu Babel telah memiliki lembaga KI daerah. Ditambah dengan ketersediaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Dikatakan, hingga sekarang terdapat lima persoalan yang telah diterima oleh KI Daerah Babel, sebagai sengketa informasi untuk diselesaikan.

Pihaknya membutuhkan peranan Pemprov Babel dalam mewujudkan perangkat-perangkat kelembagaan di KI Daerah Babel, sehingga sengketa informasi dapat diselesaikan di tingkat KI daerah. (sentosa)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa Lumban Toruan
Bidang Informasi: 
Perkim Babel